Pimpinan Perusahaan Harus Jadi Figur Contoh Terapkan K3

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:49 WIB
Foto : Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan edukasi tentang apa itu K3 dan manfaat K3 kepada masyarakat (Disnakertrans NTB)
Foto : Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan edukasi tentang apa itu K3 dan manfaat K3 kepada masyarakat (Disnakertrans NTB)

Mataram, MetroNTB.com - Kepala Disnakertrans NTB, I Gede Putu Aryadi meminta para pimpinan perusahaan dan badan publik harus bisa menjadi figur contoh dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3.

Hal itu disampaikan, Kepala Disnakertrans NTB saat menjadi narasumber pada kegiatan diskusi tentang K3 dengan tema “Terwujudnya budaya K3 guna mendukung keberlanjutan proses bisnis ketenagalistrikan”, di PLN UIW NTB.

Aryadi menjelaskan, perlindungan kesejahteraan para pekerja terutama terkait K3 merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga: Sekda NTB Ajak Pimpinan Perusahaan dan Serikat Pekerja Budayakan K3

Pemerintah memahami bahwa budaya K3 pada dasarnya adalah strategi dalam upaya perlindungan pekerja dan keberlangsungan usaha.

K3 aspek penting bagi dunia usaha tetap produktif dengan tetap menjaga keselamatan dan kesehatan para pekerja,” tutur Aryadi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan edukasi tentang apa itu K3 dan manfaat K3 kepada masyarakat.

Baca Juga: Puncak Bulan K3 Nasional 2023 di KEK Mandalika Hadirkan Job Fair Hybrid

"Ketika setiap pekerja, pengusaha dan warga masyarakat memiliki pengetahuan tentang K3. Lama kelamaan K3 akan tumbuh menjadi kesadaran kolektif dan kebutuhan bersama atau budaya," tutur Aryadi

Menurutnya, semua yang terlibat dan berhubungan dengan usaha atau suatu pekerjaan, harus paham dan sadar betul tentang pentingnya K3, karena setiap usaha pada dasarnya memiliki resiko.

“Resiko itulah yang harus diidentifikasi dan kemudian dilakukan mitigasi resiko. Para pimpinan disetiap perusahaan dan badan publik harus bisa menempatkan dirinya sebagai figur contoh dalam menerapkan K3,” tutur Aryadi.

Editor: Lalu Suparman Ambakti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Hal yang Wajib Diketahui Orang yang Berpuasa

Selasa, 28 Maret 2023 | 23:19 WIB
X