• Selasa, 6 Desember 2022

Dua Inovasi Unggulan Kota Mataram Masuk Nominasi IGA Award Tahun 2022

- Rabu, 23 November 2022 | 18:49 WIB
Walikota Mataram mempresentasikan Dua inovasi unggulan dari Kota Mataram yang berhasil tembus sebagai nominasi IGA Award tahun 2022. (Diskominfo Kota Mataram )
Walikota Mataram mempresentasikan Dua inovasi unggulan dari Kota Mataram yang berhasil tembus sebagai nominasi IGA Award tahun 2022. (Diskominfo Kota Mataram )

Mataram, MetroNTB.Com - Tahun ini Masyarakat Kota Mataram patut berbangga, pasalnya dua inovasi unggulan dari Kota Mataram berhasil tembus sebagai nominasi IGA Award tahun 2022. Kedua inovasi itu adalah Permaisuri Dancing, inovasi dari RSUD Kota Mataram dan Teh Moringa Kidom, inovasi dari UMKM CV Tri Jaya Utami.

Kedua inovasi tersebut dipersentasikan langsung oleh Walikota Mataram H Mohan Roliskana secara dalam jaringan (daring) di depan dewan panelis yang dibentuk oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Selasa, 22 November 2022.

Walikota Mataram, H Mohan Roliskana menjelaskan Permaisuri Dancing dan Teh Moringa Kidom sebagai inovasi yang memberi manfaat bagi masyarakat Kota Mataram dengan kelebihannya masing-masing.

“Aplikasi Permaisuri Dancing (Persalinan Aman, Bayi Sehat, Ibu Berseri dan ANC Rutin USG) bertujuan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta prevalensi stunting.” paparnya.

Mohan menjelaskan, aplikasi yang sudah tersedia di play store yang telah dilengkapi dengan Emergency Button, yang dapat digunakan sewaktu-waktu ketika terjadi kondisi yang membahayakan kehamilan.

"Dengan menekan Emergency Button ini, secara langsung aplikasi akan terhubung dengan GPS yang akan memetakan lokasi pelapor, kemudian tim medis dari PSC 119 RSUD Kota Mataram akan mendatangi ke lokasi pelaporan tidak lebih dari 10 menit,"jelasnya.

Mohan menjelaskan aplikasi ini sudah mencapai ratusan pengguna dan dapat diunduh secara gratis.

"Sejauh ini, aplikasi ini sudah terunduh oleh ribuan warga Kota Mataram, dengan jumlah pengguna yang telah mencapai ratusan orang."katanya.

Inovasi yang masuk nominasi adalah Teh Moringa Kidom merupakan inovasi unggulan non-digital yang berasal dari salah satu UMKM Kota Mataram, CV Tri Jaya Utami. Inovasi ini menggagas kelor sebagai bahan baku utama pembuatan teh.

Halaman:

Editor: Sopian Harisma

Tags

Terkini

Provinsi NTB Berhasil Bangun Infrastruktur

Jumat, 2 Desember 2022 | 05:10 WIB

KEK Mandalika Angin Segar Bagi Provinsi NTB

Senin, 28 November 2022 | 20:24 WIB

Ini Dua Cara Penegakan Hukum Ketenagakerjaan

Senin, 28 November 2022 | 12:39 WIB
X